by

Tips Jitu Memperoleh Tiket Promo Pesawat

Ingin bepergian, namun budget terbatas, maka salah satu jalan yang harus ditempuh adalah mencari tiket promo pesawat. Tapi bagaimana cara yang paling tepat, untuk mendapatkan tiket promo tersebut ! Ini adalah cara jitunya :

  1. Beli tiket jauh-jauh hari

Terutama untuk Anda para traveler, atau Anda yang sudah merencanakan bepergian pada waktu tertentu, seperti liburan dan yang lainnya. Ada baiknya jika memesan tiket pesawat pada jauh hari. Khususnya untuk maskapai LCC, biasanya harga tiket yang diberikan dari jauh hari cenderung murah, sedangkan tiket yang mendekati keberangkatan biasanya harganya sedikit lebih mahal. Selain itu, ada juga beberapa maskapai yang menerapkan tiket promo pesawat, jika membeli tiket dari jauh hari. Anda dalam hal ini, dapat membeli tiket pesawat, minimal 90 hari sebelum keberangkatan atau maksimal 150 hari.

Membeli tiket jauh-jauh hari juga cukup menguntungkan, terutama untuk Anda yang sudah berencana mudik lebaran, atau rencana liburan pada bulan tertentu. Seperti diketahui bersama, ada beberapa bulan, dengan rute penerbangan yang cukup sibuk, seperti menjelang lebaran, pada saat libur sekolah, atau juga pada libur akhir tahun.

  1. Beli tiket bukan pada jam dan hari sibuk

Tips tiket promo pesawat berikutnya adalah dengan membeli tiket bukan pada jam atau hari sibuk. Yang dimaksud dengan hari sibuk adalah akhir pekan, tepatnya pada hari sabtu dan juga minggu. Dimana banyak orang yang ingin melakukan liburan ke kota lain dengan cepat dan efisien. Sedangkan hari yang tidak sibuk antara hari senin hingga hari rabu. Pada hari ini, biasanya terjadi perang harga tiket dari beberapa maskapai yang ada. Anda dapat menggunakan kesempatan tersebut, untuk membeli tiket murah. Sedangkan pada hari Jum’at, biasanya harganya kembali normal.

Adapun yang dimaksud dengan jam sibuk adalah jam kerja. Jadi Anda sebaiknya membeli tiket pesawat pada jam 00.00 hingga pukul 06.00 pagi. Biasanya pada jam tersebut, harga tiket pesawat jauh lebih murah. Pihak maskapai sendiri biasanya memperbaharui harga tiket 3 kali dalam sehari, yaitu pada dini hari, pagi hari dan malam hari. Jadi jangan lupa siapkan alarm pada waktu yang tepat, untuk memperoleh harga yang tepat.

  1. Jadi member maskapai penerbangan

Adapun teknik membeli tiket promo pesawat yang berikutnya adalah di maskapai itu sendiri. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh tiket promo tersebut, yaitu :

  • Menjadi member maskapai penerbangan. Kali ini Anda dapat menjadi member dari salah satu atau beberapa maskapai. Setelah menjadi member, maka Anda akan memperoleh newsletter, atau pemberitahuan secara rutin oleh pihak maskapai. Pemberitahuan ini bisa berupa apa saja, termasuk di dalamnya promo tiket pesawat murah.
  • Selain menjadi member, hal lain yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengikuti sosmed yang dimiliki oleh pihak maskapai. Tautkan dengan link sosmed yang Anda miliki. Ini juga yang membuat Anda mengetahui secara cepat dan akurat tentang promo yang akan dilangsungkan.
  • Jadilah yang pertama, ketika Anda mengetahui tentang tiket promo tersebut. Tiket promo biasanya bukan tentang berapa lama promo tersebut berlangsung. Akan tetapi tentang berapa banyak jumlah kursi yang dipromosikan oleh pihak maskapai. Biasanya jumlah kursi yang dipromosikan hanya sebanyak 2 buah saja. Jadi ketika Anda mengetahui akan promo tersebut, sebaiknya standby di depan komputer mulai dari jam 11 malam.

Jika ternyata jaringan internet, atau situs maskapai yang dimaksud, down. Sebaiknya jangan terus menerus masuk di waiting room, daripada terus nunggu, sebaiknya tinggalkan saja. Kembali pasang alarm jam 2 atau bahkan jam 3 pagi, pada hari yang sama. Pada jam tersebut, biasanya cenderung sepi, dan perburuan tiket pesawat promo pun jadi jauh lebih lancar.

  1. Pilih OTA tepat

Selain menggunakan maskapai, beli tiket promo pesawat juga dapat Anda lakukan di OTA atau Online Travel Agent. Saat ini ada cukup banyak travel agent online yang ada. Tentunya Anda dapat memperoleh salah satu yang dianggap paling tepat, dan memiliki fitur yang beragam.

  • Untuk memilih OTA, sebaiknya cari tahu berbagai macam fitur yang ada, pastikan reputasi dari OTA tersebut, juga baik. Anda dapat mencari informasi ini dari halaman komentar, atau juga dari sosial media lainnya.
  • Setelah memilih salah satu OTA yang dianggap tepat, berikutnya Anda perlu mengunduhnya, dan memasukkan berbagai macam biodata yang diperlukan.
  • Selain men-download, Anda juga dapat bergabung dengan salah satu sosmed yang pihak OTA miliki. Jadi Anda juga dapat memperoleh berbagai macam informasi tentang OTA dari sosmed yang Anda miliki. Salah satunya adalah adanya promo tiket pesawat tertentu, dengan persyaratan tertentu pula.
  • Setelah mendownload, perhatikan berbagai macam fitur yang dimiliki oleh pihak OTA. Salah satu fitur yang sebaiknya Anda perhatikan adalah “price Alerts”. Fitur yang satu ini, akan mempermudah Anda dalam mengontrol harga tiket. Cukup masukkan harga tiket yang diinginkan pada input yang ada, dan notifikasi akan langsung muncul, jika harga tiket yang diinginkan muncul.
  • Selain itu, di aplikasi seperti ini, Anda dapat dengan mudah memperhatikan dan membandingkan beberapa harga tiket dari maskapai yang berbeda, di hari yang sama. Anda dapat dengan mudah memilih tiket dengan harga terendah, baik pada hari keberangkatan, maupun kepulangan.
  1. Cek bank

Yang tidak banyak orang ketahui ketika sedang cari tiket promo pesawat adalah, mencarinya di bank. Ada beberapa maskapai yang bekerja sama dengan perbankan tertentu. Anda dalam hal ini perlu rajin-rajin cek, apakah bank yang Anda gunakan mempunyai tiket promo untuk jenis pesawat tertentu atau tidak.

Untuk memperoleh informasi tentang tiket promo seperti ini, Anda juga dapat mentautkan sosial media yang Anda miliki dengan social media yang pihak perbankan miliki.

  1. Cek kartu kredit

Selain bekerja sama dengan pihak perbankan, biasanya promo tiket pesawat ini juga terjadi di kartu kredit. Anda juga harus rajin mengecek apakah kartu kredit yang Anda miliki mempunyai promo tiket pesawat tertentu atau tidak. Promo tiket pesawat ini sendiri juga cukup beragam, ada yang berupa potongan harga tiket, atau yang lainnya. Cara lainnya adalah dengan menukarkan poin pada kartu kredit Anda dengan harga tiket yang ada.

  1. Cek Departure

Terutama untuk Anda yang ingin bepergian ke luar negeri, maka Anda juga harus rajin mengecek harga tiket keberangkatan dari 1 tempat ke tempat lainnya. Biasanya harga tiket ke Eropa, ke Amerika atau ke beberapa negara asia lainnya, harganya jauh lebih tinggi, jika berangkat dari tanah air. Lain halnya jika Anda berangkat dari bandara Kuala Lumpur atau Changi di Singapura. Biasanya harga tiketnya sedikit lebih murah.

Anda dalam hal ini, perlu membandingkan harga tiket dari tanah air ke bandara Kuala Lumpur atau Changi, lalu tiket ke negara tujuan. Pastikan harga tiketnya jauh berbeda!

News Feed