Tips Belajar Bahasa Asing di Usia Dewasa

Pendidikan9 views

Memiliki kemampuan bahasa asing terutama Bahasa Inggris menjadi sangat penting dan dapat membantu untuk mencapai keberhasilan seseorang. Namun sayangnya ada sebagian orang yang tidak beruntung sehingga tidak mendapatkan kesempatan belajar bahasa asing dari kecil,

Lalu mungkinkah bisa belajar bahasa asing seperti Bahasa Inggris saat telah beranjak dewasa? Menurut penelitian yang dilakukan oleh MIT (Massachuset Institute of Technology) di Amerika Serikat, anak usia di bawah 18 tahun dapat menguasai bahasa baru dengan lebih mudah. Meskipun begitu, bukan berarti usia dewasa tidak dapat belajar bahasa baru.

Kamu bisa belajar Bahasa Inggris di usia dewasa asalkan memiliki tekad kuat dan konsisten. Berikut ini tips agar bisa belajar bahasa asing atau Inggris di usia dewasa.

1. Sugesti

Penghalang terbesar keberhasilan menguasai bahasa Inggris di usia dewasa adalah diri sendiri. Keyakinan bahwa usia dewasa sudah sulit belajar bahasa baru membuat pikiran kita tersugesti sehingga menolah untuk mulai belajar. Hilangkan sugesti negatif seperti itu, katakan pada diri sendiri bahwa “Aku pasti bisa belajar bahasa asing!”. Temukan motivasi yang kuat agar kamu selalu semangat belajar.

2. Pelajari Dari Hal-hal Sederhana

Jangan langsung berharap bisa menguasai dengan cepat dan langsung belajar dengan kalimat-kalimat panjang. Mulailah dari hal-hal sederhana terlebih dahulu.  Misalnya buatlah daftar kosakata yang dipakai dalam kegiatan sehari-hari, seperti anggota tubuh, nama kegiatan dari bangun tidur sampai kembali tidur, nama makanan dan minuman, warna, dan lainnya.

3. Jangan Malu

Jangan malu karena baru memulai belajar bahasa asing di usia dewasa, tak ada kata terlambat untuk belajar. Jika kamu membuat kesalahan, maka itu adalah hal wajar karena “Learning is making mistakes” artinya dari kesalahan-kesalahan kamu akan belajar.

4. Kursus

Siapa bilang kursus Bahasa Inggris hanya untuk anak-anak. Orang dewasa juga bisa loh mengambil kursus Bahasa Inggris. Bahkan bisa belajar dari hal paling dasar seperti dulu di sekolah. EF Adults menjadi pilihan tepat sebagai tempat kursus bahasa inggris dari dasar. Kamu yang baru mengenal Bahasa Inggris saat dewasa dapat mengambil kursus disini. Segera bergabung di EF Adults ya, tak ada kata terlambat untuk belajar!