Rekomendasi 5 Makanan untuk Takjil Buka Puasa Buat Keluarga

Gaya Hidup35 views

Bulan Ramadhan memang tak lama lagi datang, lalu apakah Anda sudah memikirkan menu makanan untuk takjil buka puasa? Selain identik dengan tarawih, tadarus, istilah takjil tentunya sering Anda dengar bukan?

Takjil dapat didefinisikan sebagai istilah untuk hidangan-hidangan yang biasanya dimakan saat berbuka. Apakah Anda memiliki menu takjil favorit untuk berbuka puasa bersama dengan keluarga?

5 Makanan untuk Takjil Buka Puasa

Menu-menu takjil untuk berbuka puasa memang identik dengan makanan yang manis dan juga menyegarkan. Akan tetapi, setiap daerah biasanya memiliki menu takjil yang khas dari daerahnya masing-masing.

Lalu, apa saja menu takjil dari beberapa daerah di Indonesia yang paling populer dan menjadi favorit banyak orang? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kolak Biji Salak

Salah satu menu takjil yang cukup menjadi primadona dan tidak pernah absen saat bulan puasa tiba adalah kolak biji salak. Rasanya yang manis dan legit, sangat cocok untuk mengembalikan energi Anda yang hilang setelah seharian berpuasa.

Bubur Sumsum

Menu kedua adalah bubur sumsum yang rasanya manis dan gurih. Terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dicairkan, bubur ini memang cukup mudah dibuat sendiri di rumah dan sangat cocok menjadi salah satu pilihan untuk berbuka.

Kolak Pisang dan Ubi

Anda bisa membuat kolang pisang atau ubi saja. Menu takjil ini dapat dibilang salah satu yang paling laris dan menjadi favorit banyak orang. Terbuat dari pisang, ubi, santan dan gula merah yang direbus, tentunya hidangan ini sangat cocok dan mudah sekali untuk dibuat.

Es Campur

Menu takjil dengan campuran es tentunya menjadi pilihan lain ketika Anda tidak suka berbuka dengan kolak ataupun bubur. Anda bisa memilih es campur sebagai menu pilihan saat berbuka karena cukup mudah ditemukan.

Es Pisang Ijo

Menu Es pisang ijo adalah salah satu hidangan takjil khas dari Makassar. Makanan yang manis ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung beras berwarna hijau lalu dipotong-potong dan dicampur dengan es dan sirup yang lezat. Menu ini banyak disukai orang-orang karena rasanya manis dan menyegarkan.

Demikian informasi mengenai rekomendasi 5 makanan untuk takjil buka puasa. Apakah Anda sudah memikirkan menu yang manis dan segar untuk berbuka? Jika Anda seorang pekerja kantoran, mahasiswa, maupun profesional dan ingin mengisi waktu puasa Anda lebih produktif, maka bisa mengikuti program EF Adults dari English First.