by

Paket Internet Unlimited Smartfren

Demi memuaskan “dahaga” internetan, sudah jamak operator penyedia jasa koneksi internet menyajikan aneka menu akses internet yang menggoda pelanggan. Mulai dari tawaran internet kecepatan tinggi, hingga harga dan jenis paket yang disediakan. Semua disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, yang karakteristiknya berbeda-beda.

Dulu semua operator seluler punya yang namanya paket ‘Unlimited”. Tetapi kini diketahui tinggal dua operator yang punya paket semacam ini,  dan Smartfren. Paket jenis ini menawarkan akses internet tanpa batas bagi pemakainya.

Tujuannya, biar pelanggan tak repot-repot mesti ngecek ketersediaan kuota, dan bolak-balik beli kuota internet. Cukup beli paket unlimited ini, lalu pakai sepuasnya selama masa aktif masih berlaku. Dan teman teman bisa lihat tentang sulap pulsa di sini : sulap pulsa.

UNLIMITED SMARTFREN

Sejak pertengahan tahun lalu, Smartfren menambah paket unlimited pada daftar produknya yang diberi nama Super4G Unlimited. Ada tiga jenis paket yang ditawarkan. Pertama, Super4G Unlimited Daily. Namanya juga daily, paket ini aktif untuk sehari saja (1 x 24 jam). Lewat sehari, ya beli paket lagi.

Apa yang didapat dari paket ini? Pengguna bisa mengakses internet sepuasnya, jam berapa saja, dan untuk apa saja, bebas. Tapi, tetap ada batasan pemakaian wajar (FUP/fair usage policy). Yakni, 1 Gb dengan kecepatan yang diberikan maksimal. Kalau tembus angka FUP, masih bisa dipakai sih. Tapi, kecepatannya langsung drop ke 512 Kbps. Kecepatan serendah itu, hanya efektif untuk chatting di instant messaging. Kalau untuk video, sudah tidak memadai.

Kalau ternyata jatah FUP itu tidak habis dalam sehari, ya hangus. Tak bisa dialihkan ketika membeli paket yang baru. Benefit lain? Bebas bertelepon ke sesama nomor Smartfren (in-net). Ohya, harga paket ini Rp9000.

Ribet dengan paket harian? Ada yang bulanan. Namanya Super4G Unlimited 65K. Sesuai namanya, harga paket ini Rp65 ribu dengan masa aktif sebulan. Selama masa aktif itu, pengguna bebas mengakses internet sepuasnya, jam berapa saja, untuk apa saja. Tak ada persyaratan hanya bisa digunakan pada jam tertentu, kondisi tertentu, atau aplikasi tertentu.

Namun tetap ada FUP yang “memagari” penggunaan akses internet secara gila-gilaan. Yakni, 1 Gb per hari. Bila penggunaan harian melebihi FUP, speed akan turun menjadi 512 Kbps. Tapi masuk hari esoknya, speed akan kembali normal, dengan jatah FUP seperti semula. Jadi kalau ditotal, dalam sebulan pengguna mendapat 30 Gb kuota data. Yang bila dihitung-hitung, harga per 1 Gb jatuhnya hanya sekitar Rp2.200.

Kalau tak cukup dengan jatah FUP 1 Gb per hari, bisa memilih Super4G Unlimited 100K, yang jatah FUP per harinya adalah 1.5 Gb. Ketentuannya sama dengan paket 65K, tapi harga paket yang ini adalah Rp100 ribu, dengan masa aktif juga satu bulan.

Mencermati paket unlimited Smartfren ini, ada beberapa keunggulan yang dimiliknya. Pertama, skema paket yang simple, lebih terbuka dan tidak ribet. Satu paket tapi sudah “all in”, tak perlu pusing mengingat-ingat waktu pemakaian, jenis pemakaian dan sebagainya. Beli dan langsung pakai, kalau habis, ya beli lagi. Harga data per 1 Gb sendiri terhitung murah, sekitar Rp2.200 per 1 Gb.

Yang tidak enaknya adalah, bila suatu waktu ternyata perlu pemakaian melebihi FUP. Sementara belum tersedia fitur untuk “mendadak” nambah FUP.  Jadinya repot, karena terganjal oleh speed yang melorot jauh. Harap diingat pula, Smartfren tak lagi menyediakan jaringan 3G, semuanya sudah full 4G. Satu sisi menjadi jaminan selalu terkoneksi pada jaringan super cepat. Di lain sisi, kalau kebetulan berada di daerah yang tak tersedia jaringan 4G Smartfren, ya sudah, tak bisa digunakan sama sekali.

News Feed