by

Mengenal Load Bank dan Cara Kerjanya

Mungkin Anda pernah berpikir tentang bagaimana caranya sehingga produsen genset bisa yakin bahwa genset yang diproduksi benar-benar dapat menanggung beban sebagaimana yang dipromosikan. Atau misalnya Anda ingin membeli genset bekas dari Semarang, lalu bagaimana caranya sehingga Anda bisa yakin bahwa genset tersebut mampu menanggung beban listrik di pabrik Anda yang berada di Surbaya.

Seorang pemiliki genset, seharusnya juga bertanya, bagaimana ia bisa yakin bahwa genset miliknya masih memiliki kondisi yang prima, dapat mengatasi besaran dan karakter beban yang ada di pabriknya jika listrik padam.

Selain genset, UPS juga membutuhkan pengujian. Pengujian ini dapat dilakukan dengan mengunakan Loadbank berkualitas, terutama bagi UPS yang memiliki kapasitas besar. Lalu, bagaimanakah cara melalukan pengujian tersebut?

Ternyata ada alat untuk menguji ketahanan dan kapasitas genset tersebut yaitu load bank, atau istilah yang umum digunakan Dummy load. Sama halnya dengan barbel yang ada di pusat kebugaran kita, Load Bank bukanlah beban yang nyata, akan tetapi bisa digunakan untuk menyimulasikan beban nyata untuk menguji apakan sebuah genset tersebut berada dalam kondisi prima.

Cara Kerja Load Bank

Dalam menyimulasikan beban nyata, loadbank menggunakan komponen pengonversi energi listrik menjadi energi panas. Listrik yang masuk ke  load bank tidak digunakan untuk pekerjaan yang nyata dalam bentuk apapun, kecuali untuk menghasilkan panas. Itulah mengapa komponen yang biasa digunakan dalam hal ini adalah heater atau pemanas.

Biasanya, untuk mencegah pemanasan tersebut dari overheating, maka sebagian kecil listrik juga digunakan untuk memutar kipas agar dapat mendinginkan panas yang dihasilkan oleh semua heater tersebut.

Nah, bagi Anda ataupun perusahaan Anda ingin melakukan pengujian terhadap ketahanan dan kapasitas genset, Anda dapat menyewa load bank di Sewatama. Sewatama menyediakan load bank berkualitas yang siap untuk menguji tidak hanya genset, tetapi juga turbin, dan mesin diesel, UPS, Ground Power, Load Rejection, dan load optimization.

Apasaja kebutuhan jenis loadbank yang Anda perlukan baik berbentuk resistive, capasitive, inductive, dan electronic, load bank di Sewatama siap untuk melakukan pengujian. Semua kebutuhan pengujian tersebut dapat dijadikan dalam satu paket untuk memastikan agar seluruh sistem yang teruji dapat berjalan dengan baik.

News Feed