by

Jenis Apartemen Berdasarkan Arsitektural Bangunan

Tidak sembarang dalam hal membangun apartemen ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembangunan apartemen sehingga hasil dari pembangunan apartemen tersebut memiliki bangunan yang kokoh.

Secara arsitektural bangunan apartemen, dapat di golongkan berdasarkan ketinggian bangunan, sirkulasi horizontal, penyusunan lantai, sirkulasi vertikal, bentuk masa, standar besaran ruang, serta jumlah kamar tidur yang berdasarkan pada ketinggian bangunan. Dengan melakukan penggolongan berdasarkan hal-hal tersebut maka bangunan apartemen akan menjadi daya Tarik seseorang untuk tinggal di sebuah hunian vertikal tersebut.

Dan berikut jenis-jenis apartemen berdasarkan arsitektural bangunan yang bisa menjadi pilihan Anda untuk bisa memiliki sebuah apartemen yang mewah:

  1. Low Rise Apartment (apartemen bertingkat rendah)

Pada apartemen ini bangunannya memiliki jumlah lantai antara dua sampai empat lantai. Pembangunan apartemen ini umumnya berada dan terletak di Kawasan pinggiran kota dengan kepadatan penduduk yang minim atau rendah. Suasana pada apartemen ini juga banyak memiliki ruang terbuka hijau dan tempat parkir yang dekat dengan bangunan apartemen, serta ruang terbuka yang sangat luas untuk memisahkan antar masa bangunan. Dengan tujuan memperbanyak jumlah angin yang masuk ke bangunan yang berdiri, sehingga angin yang masuk dapat di rasakan kesegarannya oleh penghuni dari apartemen tersebut serta akan menambah kenyamanan saat tinggal di sebuah hunian vertikal tersebut. Untuk Anda yang menginginkan suasana seperti ini Anda bisa beli atau sewa apartemen ini di pinggiran kota.

  1. Mid Rise Apartment (apartemen bertingkat sedang)

Kemudian selanjutnya apartemen dengan tingkat sedang. Apartemen ini memiliki jumlah lantai antara 4 sampai 8 lantai yang berdiri di susunan bangunan vertikal tersebut. Biasanya apartemen ini bisa kita jumpai di kota-kota di negara berkembang dengan kepadatan penduduk yang tinggi seperti di Indonesia di kota Jakarta, Bandung, Bekasi yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi akibat urbanisasi. Dan di apartemen jenis ini biasanya fasilitas yang di berikan cukup lengkap, akan tetapi ruang terbuka hijau sangat minim di karena kan jumlah penduduk yang tinggi yang mengakibatkan tergerusnya lahan hijau.

  1. High Rise Apartment (apartemen bertingkat tinggi)

Dan yang terakhir adalah apartemen yang bertingkat tinggi. Apartemen ini memiliki lantai diatas 8. Untuk tipe jenis apartemen ini biasanya merupakan jenis apartemen dengan golongan kelas menengah ke atas. Pada apartemen ini akan di bangun pada daerah yang memiliki keterbatasan lahan dan harga lahannya yang terbilang mahal dengan konstruksi bangunan yang cukup mahal juga. Apartemen ini kebanyakan di bangun di Kawasan tengah kota dan biasanya cukup dekat dengan pusat bisnis. Misalnya kalau di Indonesia apartemen ini dapat kita temui di kota DKI Jakarta, dan kota penopang seperti Tangerang.

Fasilitas yang di berikan pada apartemen dengan lantai yang tinggi ini sudah sangat lengkap serta dekat dengan fasilitas umum yang tersedia seperti dekat dengan bandara, dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan pintu masuk Tol dan masih banyak lagi keuntungan lainnya jika Anda memiliki atau minimal melakukan sewa apartemen ini.

Apartemen yang paling laku di Indonesia biasanya yang memiliki lokasi strategis. Serta memiliki akses yang dekat dengan fasilitas umum lainnya, yang dapat memudahkan para penghuni untuk melakukan aktivitasnya dalam kegiatan sehari-hari seperti pergi ke kantor, bersekolah, dan aktivitas lainnya. Jadi usahakan saat kamu ingin memiliki atau akan sewa apartemen usahakan apartemen tersebut mendukung aktivitas kamu dengan lancar.

News Feed