by

Intip Layanan Unggulan dan Alat Canggih RS Hasan Sadikin Bandung Berikut!

Bagi warga Bandung dan sekitarnya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya RSUP Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Rumah sakit yang satu ini termasuk salah satu rumah sakit tua yang ada di Bandung. Karena RS Hasan Sadikin Bandung sudah dibangun pada tahun 1920 dan diresmikan pada tanggal 15 Oktober 1923. Pada saat itu RSUP Hasan Sadikin dinamakan dengan “Het Algemeene Bandoengsche Ziekenhujis”. Namun pada tanggal 30 April 1927, nama rumah sakit ini mengalami pergantian lagi menjadi “Het Gemeente Ziekenhujis Juliana” dan menampung kapasitas 300 tempat tidur. Setelah Indonesia merdeka dan dikelola oleh pemerintah, oleh masyarakat rumah sakit ini mendapat julukan “Rumah Sakit Ranca Badak”. Kemudian, pada tanggal 8 Oktober 1967, nama Rumah Sakit ranca Badak diubah menjadi Rumah Sakit Umum Dr. Hasan sadikin (RSHS) hingga sekarang.

RSUP Hasan Sadikin (RSHS) merupakan rumah sakit kelas A yang bisa menjadi rujukan tertinggi (Top referal Hospital) di provinsi Jawa Barat, serta sebagai Rumah Sakit Rujukan Nasional dan RS pendidikan yang bermutu dan berdaya saing pada tahun 2019 ini. Hal ini lantaran RSHS memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai sebagai pendukung sumber daya manusia yang juga sudah berkualitas prima sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Adapun sarana dan prasarana yang dimaksud, seperti sarana gedung , peralatan medis, dan non medis. Adapun layanan canggih yang dimiliki sudah didukung dengan peralatan yang canggih juga, seperti:

Pelayanan kedokteran nuklir.

Adapun peralatan canggih yang digunakan untuk prosedur layanan ini, seperti:

  • Gamma camera, yaitu suatu system yang berguna untuk mengolah radiasi gamma dari tubuh manusia untuk bisa dijadikan dalam bentuk gambar sebagai penentuan dalam diagnostic.
  • PET CT, yaitu alat diagnostic imaging medis yang sangat canggih karena teknologi pada alat ini mampu menggunakan anatomi untuk melakukan pemeriksaan imagin pada fungsi, metabolisme, dan reseptor tubuh.

Pelayanan radiologi.

Adapun peralatan canggih yang digunakan, antara lain:

  • CTScan, yaitu alat radiodiagnostik yang menggunakan sinar-X.
  • MRI atau Magnetic Resinance Imaging, yaitu teknik yang digunakan untuk menghasilkan gambaran suatu organ pada organisme hidup, serta berguna untuk menemukan jumlah kandungan air dalam struktur geologi.

Pelayanan jantung.

Untuk peralatan canggih yang dimiliki saat ini berupa ESMR, yaitu alat canggih yang berguna untuk mendeteksi jika ada penyumbatan pada jantung.

Pelayanan bedah urologi.

Untuk pelayanan urologi, peralatan canggih yang digunakan berupa ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy). Yaitu terapi non-invasif karena tidak memerlukan adanya pembedahan atau memasukkan alat ke dalam tubuh pasien.

Pelayanan radioterapi.

Untuk pelayanan ini sudah didukung dengan bantuan alat canggih, seperti:

  • LINAC, yaitu alat yang beguna untuk membantu proses pengobatan radiasi, dimana sumber radiasi memiliki jarak dengan target yang dituju atau berada di luar bagian tubuh.
  • COBALT 60, yaitu mesin treatment dengan memasukkan sumber-sumber gamma untuk keperluan radioterapiberkas eksternal yang sering disebut dengan mesin teletrapi.

Nah, itu tadi beberapa pelayanan unggulan di RS Hasan Sadikin yang juga sudah didukung dengan peralatan medis canggih. Sehingga memang tidak heran jika rumah sakit ini bisa menjadi rujukan bagi masyarakat sekitar kawasan Bandung maupun dari kota lain untuk berobat memperoleh kesembuhan. Untuk info lebih detail mengenai pelayanan di rumah sakit yang satu ini, Anda bisa mengunjungi website resminya.

News Feed