Perlu kamu ketahui banyak sekali orang yang masih beranggapan bahwa garansi dan asuransi pada mobil adalah suatu hal yang sama. Di sini memang keduanya memberikan manfaat dan keunggulan perlindungan untuk mobil yang membuat si pemilik merasa aman dan nyaman. Dan kamu juga bisa lihat tentang situs jual beli mobil terbaru 2020.
Tapi, di sisi lain, keduanya berbeda dalam beberapa hal. Saat terjadi risiko terhadap mobil yang dapat menyebabkan mobil tersebut rusak, maka kedua jenis perlindungan ini dapat dijadikan pilihan.
Namun perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dan dari risiko apa yang terjadi, karena ini berpengaruh pada pilihan perlindungan mana yang mengcovernya. Misalnya, Kamu terlibat kecelakaan dalam mengemudikan mobil yang mengakibatkan mobil menabrak pembatas jalan sehingga bodi sisi kiri mobil rusak. Maka, pilihan perlindungannya adalah asuransi mobil.
Lalu bagaimana jika mobil rusak tanpa adanya kecelakaan? Misalnya tiba-tiba saja mesin mobil tidak mau menyala saat Kamu akan berangkat ke kantor. Klaim ke Asuransi apa Garansi? Simak Ulasan berikut.
Pengertian Asuransi dan Garansi Mobil
Asuransi
Bentuk perlindungan finansial yang diberikan oleh suatu perusahaan asuransi di mana orang yang mengajukan asuransi bertindak sebagai tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.
Garansi
Bentuk penjaminan yang diberikan oleh perusahaan produsen terhadap barang atau produk yang diproduksi dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu, biasanya 3 sampai dengan 5 tahun.
Cara Mendapatkan Perlindungan
Asuransi
Mendaftar ke perusahaan asuransi
- Perlindungan dari asuransi didapatkan setelah Kamu membelinya di perusahaan asuransi, dengan membayar premi setiap tahunnya.
- Hal pertama yang dapat dilakukan adalah memilih perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan seperti yang diinginkan, kemudian baru ajukan aplikasinya ke perusahaan tersebut.
Garansi
Langsung didapatkan saat membeli mobil baru
- Perlindungan dari garansi didapatkan langsung saat Kamu membeli mobil.
- Biasanya perusahaan produsen mobil selalu memberikan suatu formulir yang wajib diisi berdasarkan data diri dan nota pembelian mobil untuk mendaftarkan garansi mobil. Kemudian, Kamu akan mendapatkan kartu garansi yang dipakai untuk klaim nantinya.
Biaya yang Dibutuhkan
Asuransi
Biayanya beragam
- Biaya yang dibayarkan dalam asuransi disebut premi yang nantinya akan dibayarkan dalam jangka waktu tertentu, misalnya perbulan atau pertahun.
- Faktor yang mempengaruhi besaran premi asuransi yaitu, jenis asuransi, perluasan asuransi dan kebijakan perusahaan asuransi.
- Jangka waktu dapat diatur, sesuai kesepakatan yang tertulis dalam polis asuransi.
Garansi
Gratis
- Tidak diperlukan biaya tambahan untuk mendapatkan garansi karena saat membeli mobil baru, garansi sudah langsung dapat dinikmati.
- Jangka waktunya sekitar 3 sampai 5 tahun.
- Macam-macam perusahaan produsen mobil memiliki fasilitas untuk memperpanjang masa garansi. Tentu saja untuk menikmati perpanjangan fasilitas purna jual ini Kamu dikenakan biaya tambahan.
Cara Klaim
Asuransi
Klaim ke perusahaan asuransi
- Laporkan risiko apa yang dialami
- Buat laporan dari kepolisian terdekat jika mengalami kecelakaan atau kehilangan yang dapat menjadi bukti pengajuan klaim.
- Lengkapi surat-surat yang dibutuhkan misalnya, KTP, SIM, STNK, Polis Asuransi serta formulir klaim yang sudah diisi dan ditandatangani.
- Dan biasanya mobil akan ditangani oleh bengkel rekanan perusahaan asuransi
Garansi
Klaim ke dealer resmi perusahaan produsen mobil
- Membawa mobil ke bengkel resmi untuk diperbaiki
- Membawa kartu garansi atau tanda bukti lainnya
- Pastikan juga bahwa mobil Kamu masih dalam masa garansi