by

Gak Selalu Berjalan Lambat, Ini Fakta Unik Kura-kura

Kura-kura merupakan reptil yang terkenal dengan tempurungnya yang tidak dimiliki oleh hewan lain. Terdapat 365 spesies kura-kura yang berada di seluruh dunia baik yang hidup didarat, sungai, laut dan lain-lain.

Makanan yang dikonsumsi oleh kura-kura berbeda-beda tergantung dari jenis dan tempat tinggalnya. Mayoritas dari kura-kura darat adalah hewan herbivora dan kura-kura air tawar atau penyu biasanya merupakan hewan omnivora Home & Living.

Kura-kura tidak memiliki gigi untuk memotong makanan melainkan memiliki paruh mirip dengan burung. Meski terlihat lambat, beberapa kura-kura terutama kura-kura air tawar mampu berenang sangat cepat!

Selain fakta-fakta diatas, masih banyak lagi fakta yang unik dan menarik mengenai kura-kura. Oleh karena itu, yuk kita simak pembahasannya!

1. Kura-kura Tidak Bisa Keluar dari Tempurungnya

Banyak dari kita yang menganggap bahwa kura-kura dapat keluar dari tempurungnya. Namun faktanya, tempurung kura-kura merupakan bagian dari tubuh kura-kura itu sendiri.

Tempurung kura-kura tersusun lebih dari 50 tulang yang merupakan gabungan dari tulang rusuk dan tulang belakang. Tempurung kura-kura akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan kura-kura itu sendiri, berbeda dengan kelomang yang dapat berganti tempurung mereka karena tidak terus bertumbuh.

2. Tidak Semua Kura-kura dapat Hidup Lebih dari 100 Tahun

Kura-kura memang merupakan salah satu hewan yang dapat hidup dalam jangka waktu yang sangat lama. Namun, tidak semua jenis kura-kura dapat hidup lebih dari 100 tahun lho! Misalnya saja jenis kura-kura Brazil yang sering dipelihara oleh manusia hanya mampu bertahan hidup selama 20-40 tahun tergantung dari makanan yang dikonsumsi serta kondisi tempat tinggalnya.

3. Tidak Semua Kura-kura Bergerak Lambat

Kura-kura sangat identik dengan hewan yang berjalan dengan lambat, misalnya saja kura-kura Galapagos yang hanya mampu berjalan 1,6 km/jam.

Namun, tidak semua kura-kura lambat Rata-rata nih kura-kura dapat berjalan dengan kecepatan 6 km/jam dan mampu berenang dengan kecepatan 35 km/jam. Bahkan, mereka dapat berjalan lebih cepat lagi terutama bagi kura-kura jantan yang sedang tertarik dengan kura-kura betina.

4. Rekor Umur Kura-kura Tertua di Dunia Adalah 250 tahun

Rekor kura-kura dengan umur terpanjang di dunia dipegang oleh kura-kura raksasa berjenis Giant Aldabra yang bernama Adwaita. Adwaita meninggal pada tahun 2006 di kebun binatang Alipore, India.

5. Alligator Snapping Turtle Merupakan Kura-kura dengan Gigitan Paling Berbahaya

Alligator snapping turtle merupakan kura-kura dengan gigitan paling berbahaya diantara semua jenis kura-kura yang ada. Kura-kura karnivora ini memiliki kekuatan rahang yang kuat yaitu menghasilkan tekanan gigitan sebesar 650 newton. Alligator snapping turtle memiliki paruh yang kuat dan sangat tajam yang berguna untuk mencabik dan mencengkram mangsa.

6. Kura-kura Memiliki 3 Telinga

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah hewan berdarah dingin ini memiliki telinga? Faktanya kura-kura ternyata memiliki 3 telinga. Berbeda dengan mamalia yang punya telinga yang tampak langsung di samping kepala, 2 telinga kura-kura terletak di samping kepala yang berbentuk lubang kecil dan satunya lagi terletak di dalam hidung.