by

Dampak Sistem Ganjil Genap Terhadap Jual Beli Mobil Bekas

peraturan kendaraan pribadi melalui skema plat nomor ganjil genap tol saat melintas di gerbang tol Bekasi barat dan Bekasi timur arah Jakarta yang mulai diberlakukan tanggal 12 maret lalu ternyata ikut mendongkrak penjualan mobil bekas. Tren peningkatan permintaan mobil bekas tersebut bisa dibuktikan dengan naiknya angka penjualan mobil bekas dalam dua minggu terakhir, jika di rata-rata kan naiknya 25 persen dalam satu minggu  biasanya mobil bekas terjual antara 400-450 unit, dalam dua minggu terakhir ini terjual 500-550 unit.

Selama pemerintah belum menyediakan sarana transportasi umum yang nyaman aman dan terjangkau, masyarakat tetap akan memakai kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-harinya. Dengan membeli mobil bekas akan menjadi pilihan utama untuk menyiasati skema ganjil genap.

Meski menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat, namun dengan meluasnya area ganjil genap justru diklaim akan memberikan dampak positif bagi pengusaha mobil bekas, sebelumnya ganjil genap hanya diterapkan pada 9 ruas jalan, pemerintah provinsi DKI Jakarta menambahkan lagi 16 ruas jalan baru, ada sejumlah alasan adalah perluasan sistem ganjil genap mulai dari kemacetan Jakarta yang semakin parah, kualitas udara yang buruk akibat polusi udara dan upaya mengalihkan masyarakat dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum. Selain meningkatkan jual beli mobil bekas masih banyak lagi dampak yang di rasakan orang masyarakat. Berikut ini adalah dampak dari sistem ganjil genap :

  1. Ganjil genap tingkatkan jumlah penumpang transportasi umum

Dalam satu bulan perluasan penerapan sistem ganjil genap, jumlah penumpang angkutan umum meningkat dua persen, persentase ini untuk transjakarta, perluasan sistem ganjil genap ini dilakukan pada ruas jalan yang telah memiliki koridor dan rute BRT ( bus rapi transit ) transjakarta, selain itu ada juga ruas jalan yang sudah memiliki rute MRT ( mass rapid transit/moda raya terpadu ) fase I lebak bulus bunderan hotel Indonesia, warga yang biasanya menggunakan mobil pribadi pun beralih ke transjakarta, bus atau alat transportasi lainya.

  1. Ganjil genap tingkatkan kecepatan kendaraan

Kecepatan kendaraan naik signifikan bertambah dari 25 kilometer per jam menjadi 28,5 kilometer per jam, merupakan sesuatu yang wajar mengingat menurunnya jumlah kendaraan pribadi. Mobil berplat nomor polisi ganjil hanya bisa masuk Kawasan ganjil genap pada tanggal ganjil begitu juga sebaliknya, jumlah kendaraan yang menurun tentunya membuat para pengendara bisa memacu kendaraan sedikit lebih cepat, selama ini jalan-jalan di Jakarta memang terkenal akan kemacetannya.

  1. Volume kendaraan menurun karena sistem ganjil genap

Penerapan sistem ganjil genap ini tentunya membuat jumlah atau volume kendaraan yang berada dikawasan pembatasan menjadi berkurang kemacetan pun berkurang, jumlah kendaraan menurun hampir 30 persen namun jumlah tersebut belum mencapai target penurunan volume kendaraan sebesar 40 persen, saat uji coba perluasan ganjil genap, volume kendaraan berkurang sebesar 25 persen saat penerapan volumenya menurun sebesar 29,58 persen jumlah penurunan tersebut sudah sangat luar biasa sekali

  1. Ganjil genap memperbaiki kualitas udara

Berkat adanya sistem ganjil genap terjadi perbaikan kualitas udara, penurunan yang terjadi secara signifikan terjadi di Kawasan kelapa gading Jakarta utara sebesar 22 persen, udara di ibu kota Jakarta ini di nilai tidak sehat bahkan kualitas udara di Jakarta ini masuk kategori udara tidak sehat diseluruh dunia. Polusi dari kendaraan bermotor menjadi penyumbang terbesar polusi udara di kota Jakarta. Penerapan sistem ganjil genap ini diharapkan bisa mengurangi polusi udara ibu kota.

Sekian informasi tentang dampak sistem ganjil genap terhadap jual beli mobil bekas semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

News Feed