by

Cara Memilih Universitas di Australia

Apabila kamu mempunyai rencana untuk bisa kuliah ke luar negeri, maka mungkin kamu akan memilih universitas yang sesuai untuk kamu dan program studi yang kamu minati. Tentunya, kamu tidak bisa asal sembarang pilih universitas di luar negeri saja. Akan tetapi kamu harus tetap memilihnya yakni dengan bijak dan sesuai dengan banyak pertimbangan.

Maka dari itu ayo, simak tips untuk memilih universitas di luar negeri yang sesuai dengan tujuan kuliah kamu!

1. Lihat jurusan ataupun program studi yang ditawarkan

Langkah pertama sebelum memilih universitas, maka kamu harus terlebih dulu tahu jurusan apa yang kamu minati dan ingin pelajari. Kemudian, kamu bisa membuat list berbagai universitas yang telah menawarkan program studi tersebut di negara yang ingin kamu tuju.

Kemudian berikutnya, dari internet ataupun dari sumber lainnya, maka kamu juga bisa mencari tahu tentang universitas tersebut satu per satu. Dan bisa juga, kamu harus bisa menemukan jawaban atas pertanyaan yakni di bidang apa spesialisasi universitas tersebut? dan juga apakah jurusan yang kamh minati merupakan salah satu yakni dari bidang spesialis universitas tersebut?

2. Lihat persyaratan masuk yang dibutuhkan

Ketika memilih tempat kuliah, maka kamu harus tahu persyaratan masuk seperti apa yang harus kamu penuhi yakni untuk masuk ke universitas tersebut? Hal ini karena setiap universitas tentunya punya standar atau persyaratan masuk yang berbeda-beda. Dan ada juga universitas yang mensyaratkan sertifikat tes kemampuan bahasa Inggris dan dengan skor lumayan rendah, akan tetapi tidak sedikit juga yang mensyaratkan skor lebih tinggi.

Jika kamu ingin kuliah ke negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, maka coba perhatikan persyaratan bahasa yang diminta, dan apakah kamu harus menguasai bahasa lokal negara tersebut atau tidak?

Saat ini banyak universitas yang mensyaratkan satu sampai tiga surat rekomendasi untuk sebagai kelengkapan administrasi, kemudian ada juga beberapa universitas yang tidak meminta surat rekomendasi. Kemudian jika kamu ingin kuliah ke Australia maka kamu harus memiliki sertifikat hasil tes GRE ataupun GMAT hal ini karena umumnya mereka mensyaratkan sertifikat tersebut yakni dengan hasil tes tertentu.

Kemudian kamu juga bisa menyesuaikan persyaratan yang diminta masing-masing universitas dan dengan kemampuan kamu sendiri. Jika kamu mau masuk universitas terbaik dunia akan tetapi skor bahasa Inggris kamu masih kurang, misalnya seperti kamu bisa mempertimbangkan universitas lain yang mematok syarat skor kemampuan bahasa Inggris yang lebih rendah saja. Untuk kamu yang bercita-cita tinggi itu boleh-boleh saja, tapi realistis juga  sangatperlu.

3. Lihat ranking universitas

Pastinya, ranking ataupun peringkat dari universitas jadi salah satu hal yang bisa kamu pertimbangkan. Dengan ranking ini kamu juga bisa membantu untuk memberikan gambaran umum tentang kualitas universitas yang ingin kamu tuju itu.

Dengan ranking universitas juga bisa mempengaruhi pada prospek kerja kamu setelah lulus nanti, lho! Dan semakin baik ranking universitas, maka akan banyak perusahaan yang yakin dengan kualitas kamu. Walaupun begitu, perlu juga diperhatikan bahwa berbagai universitas dengan peringkat terbaik umumnya akan menetapkan syarat masuk yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan universitas yang biasa-biasa saja.

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri kamu bisa coba jatuhkan pilihan universitas di Australia dengan berbagai pilihan dan prospek yang bagus.

News Feed