by

Cara Membuat Rambut Lurus dengan Bahan Alami, Mudah Dipraktikkan

Membuat rambut Anda terlihat rapi, lurus, dan sehat terkadang bukanlah perkara yang mudah bagi beberapa orang. Menggunakan alat styling panas untuk meluruskan rambut akan menghilangkan kelembapan alami rambut Anda, membuat rambut menjadi mudah patah.

Seiring waktu, alat-alat seperti pengering rambut, pelurus keramik, dan setrika pengeriting panas dapat menyebabkan kerusakan yang akan membuat rambut terlihat kering dan kasar. Untuk itu, Anda perlu mencari cara membuat rambut lurus lain yang lebih aman.

Untungnya, ada beberapa metode lain untuk mengubah rambut yang keriting atau bergelombang agar dapat menjadi lurus secara alami, tanpa menggunakan panas atau bahan kimia. Dengan cara agar rambut lurus dengan cara alami sebagai berikut:

1. Keringkan Rambut dengan Udara Dingin

Cara membuat rambut lurus yang pertama adalah dengan mengeringkannya menggunakan udara dingin. Alih-alih menggunakan udara panas untuk mengeringkan rambut, Anda bisa menggunakan hair dryer berpengaturan dingin atau kipas angin untuk melakukannya.

Setelah rambut mengering sekitar tiga perempatnya, bagi rambut menjadi beberapa bagian seperti biasa. Gunakan pengaturan “dingin” pada pengering rambut dan pastikan hair dryer atau pengering rambut tersebut bergerak terus menerus dari akar ke ujung.

Jaga jarak pengering rambut sekitar enam inci dari rambut saat Anda mengeringkannya. Metode ini tidak akan memakan waktu lama. Anda juga bisa menambahkan serum pelurus atau pelembap semprot pada rambut untuk hasil lurus yang maksimal.

Menggunakan udara dingin untuk mengeringkan rambut telah terbukti hanya menyebabkan sedikit kerusakan daripada udara panas.

2. Bungkus Rambut

Cara membuat rambut lurus yang kedua adalah dengan membungkusnya. Membungkus rambut adalah salah satu cara yang populer untuk membuat rambut menjadi lebih lurus tanpa gaya panas. Tetapi, tidak semua orang tahu cara melakukannya secara efektif.

Untungnya, ada banyak tutorial membungkus rambut di YouTube yang ditujukan untuk hampir semua jenis rambut. Meskipun beberapa metode mungkin berbeda berdasarkan tekstur dan panjang rambut, dasar-dasarnya tetap sama.

Anda akan membutuhkan jepit rambut “panjang” (panjang tiga inci, juga disebut jepit rol), serta syal atau sorban “pembungkus rambut” berbahan satin. Untuk membungkus rambut, pisahkan bagian atas tempat Anda membelah rambut dan gunakan sisir bergigi rapat untuk menyisirnya hingga rata.

3. Gunakan Produk Pelurus Rambut

Cara membuat rambut lurus yang ketiga adalah dengan menggunakan produk yang dikhususkan untuk meluruskan rambut. Terdapat sampo, kondisioner, hairsprays, dan masih banyak lagi yang bisa membantu menenangkan dan merilekskan rambut agar tampil lebih lurus.

Bereksperimen dengan produk yang ditujukan untuk rambut lurus, atau dimaksudkan untuk membuat rambut menjadi lebih mudah ditata adalah awal yang baik dan tepat. Serum penghalus dan kondisioner yang mengandung keratin dapat melapisi helai rambut Anda, memberatkan dan merilekskan ikalnya.

4. Tidur dengan Rambut Basah

Cara membuat rambut lurus yang keempat adalah dengan tidur dalam keadaan rambut yang masih basah. Tidur dengan mengikat atau menggunakan roll rambut tentu menyusahkan.Untuk itu, Anda bisa melakukan hal lain yang juga sederhana. Cobalah tidur dengan rambut basah.