by

Apa Saja Ciri Minum Air Bersih? Simak 5 Hal Ini

Bagi manusia, air mempunyai peran yang sangat besar. Karena sebagian besar tubuh kita mengandung air, air punya peran yang besar dalam memastikan tubuh dapat bekerja dengan efisien.

Beberapa fungsi dari air putih yang penting bagi tubuh, antara lain adalah untuk menjaga efisien proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembuatan air liur, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh. (1)

Ini mengapa manusia membutuhkan untuk mengkonsumsi air setiap harinya. Para ahli merekomendasikan sekitar 2 liter air perlu dikonsumsi oleh manusia.

Oleh karena itu, kebutuhan akan air yang memiliki ciri air minum bersih dan layak konsumsi sehat merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia sehari-hari.

Air yang berkualitas pastinya bersih dan punya pengaruh sehat yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara langsung. Oleh karena itu, sangat penting untuk kita semua mengetahui ciri air minum bersih agar kita semua terhindar dari berbagai masalah, terutama masalah kesehatan.

  • Tidak memiliki warna

Air yang layak dikonsumsi harus mempunyai warna yang jernih dan juga tidak keruh. Karena bila terdapat warna pada air itu, bisa jadi itu merupakan indikasi bahwa ada kandungan berbahaya yang terdapat pada air itu.

Beberapa contoh air dengan warna yang dapat membahayakan kesehatan adaah air yang sudah tercampur dengan zat sisa seperti limbah pabrik atau juga karena adanya perubahan pada lingkungan yang mempengaruhi air.

Oleh karena itu, menjadi penting untuk kita agar selalu berhati-hati dalam memilih air minu, Pastikan air yang hendak kita konsumsi jerni dan tidak keruh. (2)

  • Tidak mengandung organisme dan tidak berasa

Salah satu indikasi air yang berbahaya untuk dikonsumsi adalah, air yang berbau. Indikasi ini memiliki arti bahwa terdapat pembusukan zat organik seperti bakteri, kuman penyebab penyakit atau bahkan karena pencemaran lingkungan yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas air.

Jika terdapat indikasi ini, maka dapat menyebabkan air tersebut berbahaya untuk dikonsumsi karena bisa menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja secara efisien dan pada akhirnya memberi penyakit bagi tubuh.

Sementara di sisi lain, air minum yang berkualitas tidak berasa atau tawar. (2)

  • Memenuhi standar kimiawi

Pastikan bahwa air minum yang Anda konsumsi memiliki kadar pH yang normal, tidak mengandung bahan kimiar beracu dan organik, serta bebas dari kandungan seperti logam yang berbahaya bagi tubuh.

Beberapa zat logam yang sangat berbahaya yang bisa ada pada air, beberapa di antaranya adalah Hg (merkuri), Pb (timbal), Cd (kadmium) dan Cr (kromium).

Zat ini sangat harus dihindari karena dapat sangat membahayakan tubuh, seperti misalnya memberi penyakit berbahaya. (2)

  • Bebas endapan

Air mineral berkualitas yang layak untuk dikonsumsi, seharusnya tidak lagi memiliki sisa endapan yang ada pada dasar permukaan air tersebut.

Jika masih terlihat unsur endapan di bagian bawah dari sumber air tersebut, maka bisa jadi air tersebut dikategorikan sebagai air yang tidak bersih karena dapat memberikan dampak berbahaya bagi kita.

Ini karena, jika masih terdapat unsur endapan pada air, dapat membuat air menjadi keruh. Dan pada akhirnya, sewaktu-waktu dapat kembali tercampur dengan air tersebut, dapat menyebabkan air tersebut menjadi tercemar. (2)

Itulah tadi beberapa ciri air minum bersih dan berkualitas yang penting diketahui oleh Anda. Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya.

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia.

Source:

  1. https://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water#1

News Feed