by

8 Cara Membersihkan Karang Gigi yang Telanjur Mengeras

Karang gigi yang paling umum terbentuk oleh aktivitas pemadatan atau pengkristalan kotoran menumpuk di sela gigi. Awalnya, gigi hanya terlihat kekuningan. Ketika jarang dirawat, kotoran tersebut akan mengeras dan menempel kuat pada permukaan gigi. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara membersihkan karang gigi sebagaimana berikut ini:

8 Cara Membersihkan Karang Gigi

  1. Bersihkan Menggunakan Benang Khusus

Kalau dalam istilah kerennya, cara ini dinamakan teknik flossing. Benang yang digunakan untuk teknik ini menggunakan benang khusus. Tujuannya biar gusi bagian dasar tidak mudah berdarah. Kenapa pakai benang? Sebab karang gigi paling banyak berada di sela-sela. Sedangkan sela-sela tersebut sulit dicapai oleh bulu sikat gigi. Jadi, paling afdal pakai benang.

  1. Bersihkan Menggunakan Kulit Jeruk

Apakah air jeruknya tidak bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi? Bisa, tapi persentase berhasilnya sangat kecil. Mentoknya cuma segar di mulut dan leher saja. Untuk menggunakan kulit jeruk sebagai obat, ambil beberapa dan pakai untuk mengusap posisi karang gigi. Cara ini paling afdal dilakukan ketika posisi karang gigi bisa dijangkau kulit jeruk atau di bagian depan dan belakang.

  1. Bersihkan Menggunakan Arang yang Masih Baru

Baru bukan berarti masih menyala, ya. Akan tetapi masih aktif sehingga efektif ketika digunakan untuk membersihkan karang gigi. Cara membersihkan karang gigi menggunakan arang sangat mudah. Cukup Anda gosokan secara perlahan ke bagian karang gigi. Setelah itu, gosok dengan pasta gigi untuk menghilangkan arang yang tersisa di gigi.

  1. Pakai Teh Hitam untuk Kumur-Kumur

Biarpun karang gigi Anda sudah mengeras, tetap ada kemungkinan bisa balik seperti sedia kala. Gunakan teh hitam untuk kumur-kumur. Tapi, lebih dahulu diseduh di air hangat. Setelah warnanya dirasa sudah berubah, baru gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan aktivitas ini secara rutin setiap hari. Jangan sampai kelewat biarpun satu hari.

  1. Bersihkan Menggunakan Cengkih

Apakah bisa pakai cengkih? Kalau belum dicoba, mana mungkin bisa tahu. Betul? Caranya dengan mengambil beberapa cengkih. Kemudian Anda haluskan menggunakan blender atau penghalus serupa. Aplikasikan ke bagian karang gigi, lalu agak gosok-gosok sampai efeknya kelihatan. Konsistensi sangat berperan penting pada teknik ini.

  1. Terapkan Lidah Buaya

Baik untuk kosmetik ataupun pengobatan lainnya, peran lidah buaya sangatlah sentral. Akan lebih baik jika bahan yang digunakan berasal dari lidah buaya hidup. Kemudian Anda bikin gel dan oleskan ke permukaan karang gigi. Terapkan ketika menjelang tidur dan bilas setelah tiba pagi harinya. Lalu sikat gigi Anda sebelum makan atau beraktivitas.

  1. Terapkan Cuka Apel

Meskipun cuka apel “agak keras”, tapi saat digunakan untuk membersihkan karang gigi tidak akan menimbulkan efek samping. Pada titik itu, fungsi cuka apel sebagai pengganti pasta gigi. Namun dampak positif yang ditimbulkan sangat bagus untuk meruntuhkan karang gigi yang selama ini sudah menempel erat dan mengeras.

  1. Atasi dengan Biji Wijen

Selain gurih, biji wijen juga cukup ampuh untuk membersihkan karang gigi yang mengeras. Caranya, beli biji wijen yang belum dimasak. Banyak kok yang jual. Bahkan sekarang Anda sudah bisa pesan via daring. Kemudian kunyah-kunyah biji tersebut hingga halus. Setelah halus, jangan telan dulu. Biarkan serpihan biji wijen saling menggesek karang gigi. Baru Anda buang dan bilas dengan sikat gigi kering tanpa menggunakan pasta.

Itulah kedelapan cara membersihkan karang gigi secara efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Bahan-bahan di atas sangat mudah Anda temukan di pasar atau warung terdekat. Jadi, jangan buru-buru terpengaruh untuk menggunakan obat-obatan kimiawi selagi obat alami masih tersedia secara luas. Biarpun efeknya lambat, tapi hasilnya lebih terjamin.

News Feed