7 Obat Flu yang Aman Dikonsumsi Selama Kehamilan Secara Medis dan Alami

Kesehatan4 views

Flu menjadi salah satu penyakit yang kerap dialami saat memasuki musim pancaroba. Karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui obat flu yang aman dikonsumsi dan tidak membahayakan janin.

Selama kehamilan, tidak mudah memang bagi ibu untuk mengonsumsi obat tertentu untuk meredakan gejala flu yang dialami. Hal itu lantaran terdapat beberapa obat yang dianggap akan mengganggu perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil itu sendiri.

Lantas, obat flu untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi itu apa saja? Berikut rekomendasi 7 obat flu yang aman dikonsumsi selama kehamilan secara medis dan alami :

Parasetamol

Parasetamol adalah zat aktif yang banyak terkandung di dalam obat flu. Parasetamol terbilang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Melansir dari National Health Services, parasetamol merupakan pilihan obat yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit saat sedang hamil atau menyusui. Obat ini cukup aman dikonsumsi selama kehamilan karena tidak menimbulkan efek yang signifikan mengganggu perkembangan janin.

Antihistamin

Perlu diketahui, salah satu penyebab flu adalah karena reaksi alergi pada produk tertentu. Salah satu cara untuk mengatasi reaksi alergi tersebut adalah dengan mengonsumsi obat antihistamin.

Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutics mengklaim bahwa anthisitamin merupakan generasi pertama yang dinilai paling aman dikonsumsi selama kehamilan. Meski demikian, dalam penggunaannya pastikan dosisnya tetap dan sesuai dengan anjuran dokter kandungan.

Obat Antivirus

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengklaim bahwa obat antivirus influenza dianggap cukup ampuh untuk mencegah virus flu berkembang lebih banyak. Obat antivirus influenza dapat membantu meringankan gejala flu yang dialami.

Salah satu obat antivirus influenza yang sering dikonsumsi oleh ibu hamil adalah antivirus oseltamivir. Pengobatan flu dengan obat antivirus influenza harus dimulai sesegera mungkin karena obat ini akan bekerja paling baik jika dimulai lebih awal atau dalam 48 jam setelah gejala mulai terasa.

Sup Ayam

Ternyata sup ayam mampu mengatasi gejala flu. Ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi sup herbal seperti misalnya kaldu ayam. Obat flu untuk ibu hamil secara alami ini dianggap cukup ampuh untuk meredakan gejala hidung tersumbat. Selain itu, sup ayam juga dapat mencegah peradangan yang ada di dalam hidung.

Kompresan Air Hangat

Rekomendasi obat flu untuk ibu hamil selanjutnya adalah secara alami dan terbilang praktis dilakukan. Untuk mengatasi flu, ibu bisa menggunakan kompresan air hangat di sekitar hidung dan mata. Tujuannya adalah untuk melegakan hidung yang tersumbat dan menghilangkan rasa tidak nyaman di bagian mata.

Perkaya Makanan Seimbang

Rekomendasi obat flu untuk ibu hamil selanjutnya juga perlu didukung dari asupan makanan yang bergizi dan seimbang. Karena itu, ibu hamil perlu memperbanyak asupan makanan tinggi protein agar lebih cepat pulih. Jangan lupa juga lengkapi dengan mengonsumsi berbagai jenis buah – buahan.

Air Minum Terpenuhi

Melansir dari Medineplus, air minum berperan penting dalam menangani gejala flu atau pilek. Namun, cara ini juga perlu diikuti dengan beristirahat penuh selama seharian. Hindari melakukan aktivitas yang bisa membuat tubuh mudah lelah, seperti salah satunya yaitu menghindari olahraga berat.