by

6 Tips Menggunakan Sabun Cuci Piring Agar Hemat Air

Mencuci piring memang termasuk kegiatan yang dianggap mudah. Sayangnya, masih banyak dari kita yang beranggapan bahwa cuci piring adalah pekerjaan yang rumit, belum lagi kita juga harus menggunakan sabun cuci piring dan banyak air. Padahal sebenarnya, melalui cara yang tepat, kita dapat menggunakan sabun cuci piring dan air secara hemat. Mau tahu apa saja triknya? Simaklah 6

  1. Tidak membiarkan kotoran menumpuk di piring

Kebiasaan pertama yang perlu kita hindari ketika ingin mencuci piring dan hemat air ialah tidak membiasakan diri untuk menumpuk piring yang kotor. Soalnya, kebiasaan ini ternyata berdampak buruk serta membuat kita lebih banyak menggunakan air. Jadi, setelah selesai makan, mulailah kebiasaan baik untuk membuang sisa makanan terlebih dahulu. Kemudian, barulah piring tersebut dikumpulkan dalam satu wadah. Hal ini akan mempermudah kita untuk mencuci piring secara efektif.

  1. Piring dibilas sebelum dicuci

Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan untuk mencuci piring dan menghemat air ialah dengan membilas terlebih dahulu. Mungkin, banyak dari kita yang beranggapan bahwa membilas terlebih dahulu akan membuat kita lebih banyak menghabiskan air. Padahal kenyataannya, kita justru bisa lebih menghemat air. Selain itu, kita juga bisa membersihkan piring secara lebih cepat dari sisa bumbum maupun makanan yang menempel. Jadi, pastikan untuk menghilangkan minyak yang menempel menggunakan kertas koran atau tisu.

  1. Mengggunakan wadah

Secara umum, kita perlu mencuci piring di bawah aliran keran. Selain itu, kita juga dapat mencelupkan piring ke air yang sudah ada di wadah. Nah, di antara kedua metode ini, mana yang lebih efisien? Jawabannya ialah dengan mencelupkan piring ke air yang sudah ditampung di dalam wadah. Selain menghemat air, kita juga bisa menghemat waktu dengan menggunakan trik ini. Jumlah air yang bisa kita tampung pun beragam, mulai dari 3 hingga 5 liter.

  1. Menambahkan lemon ke air

Hal selanjutnya yang juga efektif untuk membuat sabun cuci piring dan air menjadi lebih hemat ialah dengan menggunakan irisan lemon ke dalam wadah berisi air untuk membilas. Soalnya, lemon efektif untuk membuat permukaan piring menjadi lebih bersih. Bukan hanya itu saja, lemon juga bisa mengusir bau amis serta bau tidak sedap lainnya yang ada di peralatan. Selain itu, kita juga akan membuat piring menjadi lebih bersih dan mengkilap.

  1. Merendam piring sebelum dicuci

Nah, langkah yang satu ini lebih fokus untuk membersihkan peralatan masak yang besar, misalnya seperti wajan dan panci. Seperti yang kita tahu, peralatan masak dapat saja meninggalkan kotoran dan sisa makanan yang sulit dibersihkan. Sisa makanan tersebut apabila dibiarkan dalam waktu yang lama bisa menimbulkan kerak. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini, kita dapat terlebih dahulu merendam peralatan masak menggunakan air hangat serta sabun pencuci piring. Dengan demikian, kita dapat mengangkat sisa-sisa makanan, minyak, maupun kotoran secara lebih cepat.

  1. Membersihkan piring yang paling tidak kotor terlebih dahulu

Ketika kita ingin membersihkan piring-piring yang kotor, mulailah dari yang kotorannya paling sedikit. Hal ini efektif agar membuat spons tidak tercemar pada pencucian selanjutnya. Sementara itu, piring-piring yang paling kotor dicuci di paling akhir. Jadi, kita tidak perlu mencuci maupun menyikat spons berkali-kali. Selain menghemat air, tips ini juga membantu kita untuk menghemat waktu ketika mencuci piring.

News Feed