5 Fakta Menarik Film Pasar Setan, Tayang 29 Februari 2024 Mendatang

Film5 views

Indonesia yang memiliki banyak gunung ini kaya akan urban legend tentang gunung – gunung yang ada di dalamnya, seperti salah satunya soal kisah keberadaan pasar setan di Gunung Lawu. Terinspirasi dari mitos Gunung Lawu tersebut, IDN Pictures menghadirkan karya baru yang pastinya relevan dengan masyarakat Indonesia.

Film Pasar Setan diproduksi untuk menangkap fenomena isu social commentary dan memberikan pengalaman menonton yang nyata, sejalan dengan komitmen IDN Pictures untuk menghasilkan karya – karya yang merefleksikan isu – isu sosial yang beredar di tengah masyarakat.

Penasaran kan dengan kisah dari film Pasar Setan ini? Sebelum menontonnya, simak terlebih dahulu deretan faktanya berikut ini!

  • Sinopsis Film Pasar Setan

Film Pasar Setan menceritakan tentang Rani, seorang perwira polisi perempuan (polwan) yang menangani sebuah kasus pembunuhan di hutan terlarang tempatnya bertugas. Kasus pembunuhan tersebut melibat seorang horror vlogger bernama Tamara yang menjadi korban cancel culture dari para netizen karena ketahuan mengunggah video penampakan palsu.

Mengetahui cerita legendaris keberadaan pasar setan, Tamara bersama timnya kemudian pergi dalam perjalanan menemukan Pasar Setan tersebut demi membuktikan keberadaannya sekaligus mengembalikan nama baik mereka. Kemudian masalah muncul ketika Tamara menemukan kawasan terlarang tersebut, namun alih – alih bisa memperbaiki nama baik, mereka justru terjebak di dalamnya.

Lantas, apa yang harus Tamara lakukan selanjutnya?

  • Deretan Aktor Yang Membintangi Film Pasar Setan

Selain menghadirkan kisah yang tidak biasa, film Pasar Setan juga dibintangi oleh sederet aktor ternama Indonesia seperti Audi Marissa, Roy Sungkono, Michelle Tahalea, Kiki Narendra, Pangeran Lantang, Shindy Huang, Agni Pratistha, dan Epy Kusnandar.

  • Lokasi Syuting Film Pasar Setan Angker dan Jauh Dari Pemukiman Warga

Demi menciptakan nuansa mistis yang bakal bikin bulu kuduk bergidik, sang sutradara Wisnu Surya Pratama tidak sembarangan memilih lokasi syuting. Lokasi syuting yang dipilih memang benar – benar angker dan jauh dari pemukiman warga.

Wisnu memilih kaki Gunung Pangrango, Jawa Barat sebagai lokasi syuting. Ia memilih lokasi tersebut karena memang benar – benar menggambarkan bagaimana kisah urban legend tersebut beredar.

  • Mengangkat Kisah Urban Legend Tentang Pasar Setan Yang Banyak Diceritakan Dari Mulut ke Mulut

Bagi mereka yang gemar mendaki gunung, cerita tentang pasar setan tentu bukan hal yang asing lagi. Pasalnya, cerita tersebut kerap menjadi pesan bagi mereka yang akan mendaki gunung agar berhati – hati. Karena saat mendaki gunung nanti, ketika mereka sudah merasa cukup lelah untuk mendaki, mereka tiba – tiba akan melihat sebuah pasar yang cukup ramai.

Pasar tersebut tentunya pasar untuk makhluk tak kasat mata. Karena itu, jika mereka sudah melihat pasar saat mendaki, maka jangan sekali – sekali mampir karena hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

Kisah tersebut kemudian diceritakan lagi dari mulut ke mulut agar tidak ada yang tersesat, apalagi sampai mampir ke pasar yang tiba – tiba mereka lihat di tengah hutan. Bahkan beberapa kreator juga pernah membuat thread terkait pasar setan ini.

  • Dibuat Dengan Konsep Mockumentary

Satu hal yang membuat film horor ini menjadi istimewa adalah dibuat dengan konsep mockumentary, yakni ada beberapa scene yang menampilkan seolah – olah dibuat dengan konsep dokumenter yang raw.

Dalam proses pengambilan gambar film Pasar Setan, Audi Marissa mengatakan jika ada sejumlah adegan yang dibuat dengan kamera GoPro, sehingga bisa menghasilkan kualitas gambar bak found footage khas dokumenter.

Itulah 5 fakta menarik soal film Pasar Setan yang akan tayang pada 29 Februari 2024 mendatang. Kamu sudah siap menyaksikannya?